Jahmada Girsang,SH,MH,CLA. “TAPPAI TERUS MENCARI KEBENARAN”

Jakarta,-Sorotperadilan.com l “Kehadiran TAPPAI sejak November 2019 dalam hal ini, hanya meneruskan harapan publik untuk membicarakannya dengan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Pusat bahwa ada ke-prihatinan atas penayangan ILC Tv One selama ini yang mempertontonkan keributan, bad body-language, hingga hate-speech. Karena ini publik melalui kami meminta kata ‘lawyer dalam program Itu dihapus. Sehingga tidak meng-generelalisasi prilaku profesi advokat seperti Itu” Demikian Kordinator TAPPAI – Tim Advokasi Peduli Profesi Advokat Indonesia ,saat ditemui sorotperadilan.com disebuah resto kawasan Ir.H.Juanda, Jakarta Pusat (Kamis,13/2)

Lalu Jahmada menambahkan, “Benar, hari ini, (Kamis,13/2) ,kami,TAPPAI telah menghadiri undangan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat,Jakarta.

Intinya kami tetap meminta ‘penghapusan’ kata ‘Lawyer’ pada acara ILC – TV One. Hal ini telah kami lakukan sejak November 2019 lalu. Adapun undangan KPI pusat ini sekaligus meminta TAPPAI menyampaikan alasan-alasan untuk memperkuat aduan terhadap tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) yang diduga merugikan profesi Advokat, mengingat banyak mempertontonkan ‘hate-speech, body-language dan yang bisa mengurangi marwah profesi advokat.

Apalagi disiarkan langsung (Live), pirsawan televisi ini kami yakini ada puluhan juta orang. Ini berbahaya jika kemudian ‘meng-generalisasi jika prilaku Advokat seperti Itu, dalam hukum Peradilan pun kami punya istilah sidang tertutup dan terbuka.

Kalau pun kemudian acara ILC itu akan menjadi siaran tunda dikemudian hari, kami tetap meminta kalimat ‘Lawyer-nya Itu ditiadakan.

Ini kita kesampingkan karena alasan ‘rating Tinggi,dsb. Kami tidak ambil pusing soal Itu”, demikian beliau yang akrab kami panggil ‘Bang Jagirs,

kemudian diamini sejawat TAPPAI lainnya,yaitu: Denny Karel Tumuju, Roslina Simangunsong, Johan Imanuel, Brina Mariana, Heber Sihombing, Denny Supari, Steven Albert, James H. Siagian, Imzen Sitorus dan Yogi Pajar Suprayogi.

TAPPAI berterima-kasih kepada KPI Pusat yang sudah berusaha memfasilitasi dengan pihak ILC-TV One. “Kami menilai KPI-Pusat telah bekerja baik, kalau pun kedepan perlu lebih ‘Gaspol lagi agar lebih cepat lebih baik penyelesaiannya”, tambahnya.

“Pihak ILC tadi hadir,bang?”,Tanya saya. Bang Jagirs tersenyum, kemudian menggeleng.”Mereka (PT.Lativi Media Karya) berkirim surat kepada KPI-Pusat dengan nomor surat: 010/GMLRG/TVOne/2020 tgl.10/2/2020,yang intinya mereka tidak hadir lagi karena kesibukan menjelang Hut TV One ke-12 yad. Silahkan kalian menilai sendiri, kami pun yang juga sibuk menyempatkan waktu hadir tadi”, kemudian Bang Jagirs pamit karena Ada giat lain.(PpRief/Wan/RL)

Reporter : Wan Kurniawan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *