by

Peringati HPSN 2020, Bupati Lebak ajak masyarakat Peduli Sampah.

Lebak,–sorotperadilan.com l Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2020 yang bertempat di Halaman Plaza Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kamis (12/03/20).

Peringatan HPSN 2020 diTingkat Kabupaten ini dilakukan dengan menggelar Apel yang diikuti oleh peserta perwakilan dari Pokdarwis, Pelajar, Masyarakat, PGRI serta relawan pecinta lingkungan lainnya.

Dalam mengatasi persoalan sampah, Pemerintah kabupaten Lebak tidak bisa akan bekerja sendiri, melainkan butuh kerjasama dan keterlibatan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya, mengingat persoalan sampah merupakan persoalan yang serius dan Multidimensi sehingga diperlukan kepedulian secara terus menerus.

“Hal itu disampaikan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya yang sakaligus menjadi Pembina Apel HPSN di kawasan wisata Pantai Ciantir.

Bupati juga menyampaikan, peringatan HPSN bukan hanya dijadikan seremonial saja, tetapi harus dijadikan momentum kepedulian yang dimulai dari diri sendiri sehingga bisa mengubah perilaku masyarakat pada umumnya.

“Kepedulian masyarakat terhadap sampah harus dimulai dari diri sendiri dengan menjaga pola hidup sehat, maka kuncinya adalah lingkungan harus bersih dan pengelolaan sampah perlu dilakukan secara menyeluruh, hal itu dapat memberikan manfaat ekonomi dan juga kesehatan melalui Bank Sampah serta mengubah perilaku masyarakat.” Jelas Bupati Lebak

Selain itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak Nana Sunjana, terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapt melakukan penanganan sampah dan meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menjaga dan membersihkan sampah di pemukiman, perkantoran, sekolah, fasilitas umum dan disepanjang aliran sungai.

“Kami terus berupaya melakukan penanganan sampah yang tidak hanya di kawasan wisata, namun di pemukiman, perkantoran, sekolahan dan fasilitas umum lainnya, hal ini tentunya sangat membutuhkan peran aktif dari masyarakat itu sendiri.

Sesuai dengan Tema HPSN 2020 “Indonesia Bersih Indonesia Maju Indonesia Sejahtera”,
setelah melaksanakan Apel, Pembina apel langsung melakukan penanaman pohon dilanjutkan bersih-bersih sampah dikawasan wisata Pantai Ciantir beserta seluruh peserta apel dan masyarakat sekitar. (Mahjumi).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed