by

Ekspor Daun Pisang Batu Petani Kesulitan Butuh Perhatian Pemerintah

-Ekonomi-515 views

Lebak,– sorotperadilan.com l Pisang batu yang di kenal dengan pisang cau klutuk, bahasa sundanya, kini di salah satu desa parage, ada salah satu petani yang saat ini membudidayakan tanaman pohon pisang batu (klutuk) tepat nya di kp parage sirinu RT 06/O2. Desa Parage Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak

Pasal nya wilayah Cikulur tanah nya sangat produktif, dan sangat bagus dan cocok untuk pembudidayaan pohon pisang batu, dan memiliki tekstur tanah nya sangat baik, dengan kadar air nya sangat mendukung untuk pembudidayaan pohon pisang batu.

Saat kami datangi lokasi kebun pohon pisang batu, tepat nya di Cikondang cipandak kp parage sirinu yang luas nya sekitar 20.ribu meter Sabtu 21/03/2020.

Saat kami wawancara dengan pemilik sekaligus petani kebun pohon pisang batu, Ahmad nuryadi .menjelaskan; daun pisang batu ini akan diolah dan jadikan bahan pembukus aneka jenis makanan, yang di antara nya, ontong, kue, otak otak pepes tempe, dan masih banyak jenis lainnya, dan nanti nya hasil dari panen, daun pisang batu ini akan di pasarkan ke pasar-pasar tradisional, bahkan pernah ada permintaan dari luar Indonesia, saya mengalami kesulitan, terkendala untuk export daun pisang batu ini keluar negri, terkendala dengan perijinan untuk export .

Untuk saat ini, saya hanya bisa menjual hasil panen daun pisang batu hanya di wilayah sendiri saja, dan belum bisa mengambil dan menjual mengekspor sampai diluar negri.

Untuk panen, dari penanam sampai ke musim panen bisa menempuh waktu 6/7bulan.jika pemeliharaan secara baik, saya mulai menjadi petani daun pisang batu ini sudah, sekitar dari tahun 1988. yang awal nya budidaya daun pisang batu ini di kerjakan oleh orang tua saya, dan sekarang di lanjutkan oleh saya, jelas yadi

“Harapan saya, agar Pemerintah terkait, baik dari kabupaten dan provinsi dapat ikut memberi bimbingan dan arahan agar prodak daun pisang batu ini dapat masuk ke negara-negara lain. dan dapat dilestarikan dan dapat berkembang, seperti pernah ada permintaan dari Singapore, Malaysia, Jepang, dan Qatar, jelas Yadi

Saya saat ini butuh sekali bimbingan dan dorongan dari pemerintah terkait, agar pem budidayaan daun pisang batu dapat masuk dan diketahui oleh negara-negara lain menjadi ciri dan khas penghasil daun pisang batu, dari negri kita sendiri.

Sampai saat ini saya terbentur dengan biaya, untuk membeli peralatan berkebun dan pupuk untuk pemupukan agar hasil nya lebih baik, agar nanti sewaktu musim panen datang. hasil daunnya bagus.

Mudah-mudah pemerintah terkait dapat segera mendengar kebutuhan para petani dan dapat masuk memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh petani dan merealisasi keinginan para petani. dan dampak nya menurut saya sangat positif, akan memajukan percepatan ekonomi daerah dan ekonomi Desa. tutupnya. (Mahjumi).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed