by

NGOBROL DI POS RW BOGOR: “Meningkatkan potensi anak Bogor era Covid 19”

Bogor,-Sorotperadilan.com l Belum juga usai salam akhir shollat Taraweh, seluler terus berdering di meja kerja. Sampai akhirnya kemudian mati sendiri.Dan Saya tahu, siapa peneleponnya Wawan Kurniawan – Kord.Kota Bogor. ‘Capcay de.

“Bang, Kita ketemuan di POS RW ya”, jawabnya saat saya telp kembali.

Singkat ceritera kami pun bertemu di tempat idola Itu.Kota Bogor malam ini (Jumat,8/5) sedikit gerimis, sampai ditujuan Saya melihat Wawan telah Ada disana dengan Jimmy Hongrius, master sekolah Alam yang juga koresponden wilayah Bekasi-Purwakarta. Kami pun kangen2an, dimana banyak kegiatan anak sekolah yang terhenti akibat Covid 19.

“Bersyukurnya selama ini saya memperkenalkan kepada ratusan anak asuh saya untuk memahami Dan mempelajari arti berkebun dirumah kalau pun keterbatasan lahan. Salah satunya dengan konsep Hidroponik, pasca Covid 19”,demikian Jimmy yang juga Kord.Ceria Indonesia YKIM-Yayasan Kerja Indonesia Maju memulai diskusi

HIDROPONIK
Punya hobi berkebun konon memberikan segudang manfaat, salah satunya: Membuat rumah tampak lebih hijau, Membuat udara di rumah jadi sejuk, Mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi anak

Aktivitas ini bisa dilakukan dalam lahan terbatas atau dihalaman rumah. Kata Jimmy lagi, Itu juga bentuk Edukasi lain bagi usia anak saat #StayAtHome. Gagasan ini yang akan kembangkan di YKIM, juga mengapa tidak mungkin dilakukan kepada para OSIS se-kota Bogor.

Hidroponik, masih kata Jimmy, adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Jadi, hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari-hari bercocok tanam tanpa tanah.

Dari pengertian ini terlihat bahwa munculnya teknik bertanam secara hidroponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Jimmy menghentikan obrolannya Dan menyeruput Kopi Medan panas yang dibawa dalam tumblernya.

SEKOLAH ALAM ? Homeschooling telah eksis keberadaannya, masih kata Jimmy, Ada Hal lain yang dilupakan bagaimana tidak Membuat anak bosan belajar Dan sekolah. Yaitu SEKOLAH ALAM. Sekolah alam secara legalitas maupun kurikulum mengacu pada kurikulum nasional, meskipun pada prakteknya terdapat perbedaan yang jelas antara sekolah alam dengan tipe sekolah mainstream lainnya. Sekolah alam kebanyakan tidak menggunakan bangunan berdinding sebagai tempat belajar, melainkan menggunakan alam terbuka sebagai tempat belajar mengajar. Konsep ini menekankan pentingnya ‘back to nature’, jadi anak dapat memaknai kehidupan apa adanya, apa yang dipelajari akan dipraktekan saat itu juga. Sekolah alam menekankan metode belajar sambil bermain (fun learning), dan konsep ini diharapkan lebih mampu meningkatkan kemampuan emosi dan intelektual anak.

Pada awal kemunculannya, sekolah alam ditujukan bagi anak-anak yang tak mampu dari segi ekonomi, namun semakin kesini, sekolah alam semakin komersil, dan siswa harus membayar uang dalam jumlah banyak.
Sekolah alam masih terbatas di beberapa lokasi saja di Indonesia, jadi akses untuk bergabung juga lumayan sulit.
Sekolah alam kebanyakan dapat ditemui di perkotaan, dan belum banyak yang berani mendirikan sekolah alam di desa-desa karena faktor finansial.
Banyak dari sekolah alam juga masih terkesan ekslusif, baik dari metode pembelajaran maupun nilai-nilai yang diterapkannya. Kebanyakan bercorak agamis yang menekankan pemahaman tertentu.

“Kota Bogor mempunyai potensi baik lahan maupun target market tinggal bagaimana Kita menyiasatinya. Kita bisa join dengan Disdik, Kodim 0606, Polresta Bogor Dan. Sekaligus Kita masukan materi Bela negara secara sederhana”, tutup Jimmy.

Kemudian Saya Dan Jimmy mencari Wawan, ..Ya Allah, rupanya Wawan sudah ‘ngorok dari tadi di pojok POS RW ini. ‘Teu sopan pisan ! !PpRief/Wan)Jimmy)RL)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed