by

Ratusan Kuburan Korban Tol Bocimi

-Daerah-1,601 views

SUKABUMI, — sorotperadilan.com l Tidak hanya yang hidup saja yang kena gusur, yang sudah meninggal pun bisa kena gusur. Setidaknya hal ini terjadi pada pembangunan proyel tol Bocimi, ratusan kuburan warga di Kampung Ciambar Kolot, Desa/Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, terkena gusuran proyek jalan tol. Pemindahan makam disaksikan langsung oleh pihak keluarga.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, pemindahan makam akibat tergusur proyek jalan tol itu dilakukan sejak Sabtu (30/5/2020) hingga Minggu (31/5/2020). Setiap keluarga mendapatkan uang pengganti senilai Rp 1,8 juta untuk biaya pemindahan kuburan dan pengurusan jasad di lokasi yang baru.

“Iya betul, sudah mulai dari Sabtu sampai hari minggu masih berjalan, sekitar kurang lebih ada 960 kuburan di pindahkan ke lokasi yang baru sekitar 100 meter tidak jauh dari lahan kuburan sebelumnya,” kata Kepala Desa Ciambar Suparkah kepada wartawan, kemarin. Suparkah juga membenarkan terkait uang pengganti yang diterima pihak keluarga yang diberikan oleh pengelola jalan tol melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN). “Setiap pemindahan kuburan pihak Bocimi melalui PUPR menganggarkan kurang lebih Rp 1,8 juta untuk pengerjaan pemindahan dan pembenahan akhir,” katanya.

Camat Ciambar Pendi Ependi mengatakan situasi pemindahan makam berlangsung kondusif. Menurutnya penyaluran uang pengganti untuk keluarga pemilik makam juga melalui kelompok masyarakat.
“Situasi kondusif, untuk kuburan yang dipindah alihkan ada uang untuk biaya pembenahan diberikan oleh (kementerian) PUPR melalui BPN lalu diberikan kepada rekening panitia non pemerintah, ke Kelompok Masyarakat. Yang mengukur kan pihak BPN,” ujar Pendi. (Wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed