by

Presiden Jokowi Apresiasi Kinerja Polri-TNI Dalam Hadapi Covid-19

Jakarta,–Sorotperadilan.com l Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa terima kasih kepada jajaran Polri-TNI yang telah membantu dalam menangani masalah sosial yang ada di Indonesia, seperti membuat sejumlah dapur umum di setiap daerah. Tak hanya membuka dapur umum, para anggota juga membagikan sejumlah sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Namun, tak hanya mengatasi masalah sosial saja selama pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia. Anggota Korps Bhayangkara ini juga telah melakukan Operasi Ketupat 2020 dengan melakukan penjagaan disetiap perbatasan wilayah/daerah.

“Selama melakukan penjagaan, anggota Polri yang dibantu dengan stakeholder terkait juga selalu memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin mudik soal bahaya virus corona,” kata Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. dalam keterangannya, Rabu (10/6/2020).

Tak hanya itu, para petugas yang berada di lapangan juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap pengendara yang melewati sejumlah pos pemeriksaan/penjagaan.

Presiden Jokowi pun merasa senang dengan apa yang sudah dilakukan oleh aparat keamanan dalam memutus penyebaran virus corona. Untuk memutus mata rantai virus yang berasal dari Wuhan tersebut, Polri yang dibantu sejumlah warga membuat suatu inovasi.

Mantan Kabareskrim ini menjelaskan, inovasi yang dibuatnya itu seperti membentuk Kampung Tangguh Semeru yang berada di Jawa Timur dibawah pimpinan Irjen Pol Dr. Drs. H.M. Fadil Imran, M.Si., Kampung Siaga Covid-19 di Jawa Tengah dibawah pimpinan Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K, serta Kampung Tangkal yang berada di Sumatera Selatan dibawah pimpinan Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M.

“Dengan adanya pembuatan inovasi itu, menjadi motivasi terhadap Polda lain untuk serius menangani virus corona, yang setiap harinya selalu ada yang dinyatakan positif corona,” jelas Idham.

Meski begitu, Polri tetap tidak melupakan atau tidak mengeyampikan untuk mengantisipasi potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Antisipasi Karhutla tersebut sudah dilakukan oleh Polda Riau yang dipimpin oleh Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si dengan mengoptimalkan teknologi informasi
seperti Command Center.

Menurut Idham, dengan apa yang sudah dilakukan Polri tersebut membuat masyarakat (responden) merasa puas dengan kinerja anggotanya dalam menangani Covid-19 seperti memberikan bantuan sosial serta memberikan keamanan.

Berdasarkan survey Indikator Politik, 80,7 persen merasa puas selama Polri memberikan bantuan kepada masyarakat selama Covid-19. Hasil tersebut berdasarkan jumlah responden sebanyak 1.200 orang dadi 16 Mei hingga 18 Mei 2020.

“Sedangkan untuk hasil survey keamanan selama Covid-19. Sebanyak 72,6% responden cukup yakin dengan Polri dalam menjaga keamanan selama wabah corona berlangsung dan 70,7% cukup yakin dengan TNI,” sebut mantan Kapolda Metro Jaya.

Dengan adanya hasil survey tersebut, nantinya akan menjadi penyemangat jajaran Polri-TNI dalam melaksanakan tugas kemanusiaan yang berguna bagi nusa dan bangsa. Terlebih, Idham mendukung anggotanya dalam melakukan sejumlah kegiatan kemanusiaan tersebut.

“Anggota Polri tidak boleh merasa puas dengan apa yang sudah diraihnya. Hasil itu justru menjadi motivasi agar bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Apa yang sudah diraih oleh Polri-TNI itu bukan merupakan hasil yang sudah cukup, namun agar bisa dipertahankan bahkan harus bisa lebih ditingkatkan dalam menjalankan tugas sosial/kemanusiaan,” tutup Idham.(Max/Doc.Humas)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed