by

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar jajaran Polri selalu menjaga profesionalitas terutama dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-74

Jakarta ,–Sorotperadilan.com l Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar jajaran Polri selalu menjaga profesionalitas terutama dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-74. Jokowi ingin Polri semakin dipercaya masyarakat.

“Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat,” ujar Jokowi , Rabu (1/7/2020).

Jokowi juga ingin agar semua jajaran Polri hingga tingkat desa terus membantu percepatan penanganan virus corona baru (COVID-19). Selain itu Polri juga diharapkan menjalin sinergi dengan penegak hukum lain.

“Dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat, sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres dan Polsek sampai Babinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan damai,” kata Jokowi.

“Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang paling utama, keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis namun harus tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” imbuhnya.

Berikut amanat lengkap Jokowi dalam peringatan Hari Bhayangkara:

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semuanya
Om swastiastu
Namo buddhaya
Salam kebajikan

Yang saya hormati, Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Prof KH Ma’ruf Amin,
Yang saya hormati, Ketua dan Pimpinan Lembaga-lembaga negara yang hadir,
Yang saya hormati, para menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI beserta jajaran, Kapolri beserta jajaran, sesepuh, senior, dan para purnawirawan Polri, seluruh tokoh masyarakat dan tokoh agama,
Dan yang saya hormati, saya banggakan segenap anggota Polri di seluruh Tanah Air dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote

Hadirin yang saya muliakan,

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada Keluarga Besar Kepolisian Republik Indonesia di mana pun saudara-saudara bertugas. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan, dan sumbangsih saudara-saudara sekalian dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Marilah kita mendoakan untuk para prajurit yang gugur dalam tugas agar diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan yang Maha Esa dan kepada seluruh personel Polri dan keluarganya senantiasa diberikan kesehatan, aamiin ya robbal alamin.

Hadirin yang saya muliakan,

Sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh cepat menyerah, pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat. Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi. Dalam situasi yang sulit sekarang ini, kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat, sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres dan Polsek sampai Babinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi kondusif tetap aman dan damai.

Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang paling utama, keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis namun harus tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat.

Saya juga perintahkan pada jajaran Polri, Kejaksaan, KPK, dan lembaga pengawas internal pemerintahan untuk terus memperkuat sinergi, memperkuat kerja sama. Tolong pelaksanaan program penanganan COVID-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi penggunaan anggarannya. Alokasi dananya cukup besar yaitu Rp 695,2 triliun dan bahkan bisa lebih besar lagi jika diperlukan.

Aspek pencegahan harus lebih dikedepankan. Jangan menunggu sampai terjadi masalah. Kalau ada potensi masalah, segera ingatkan tapi kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi, ada mens rea-nya ya harus ditindak, silakan digigit saja apalagi dalam situasi krisis sekarang ini, tidak boleh ada satu pun yang main-main.

Hadirin yang saya hormati,

Walaupun saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi COVID-19 tapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan. Jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total, selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern, ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan. Saya ingatkan bahwa Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan semakin kompleks. Mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontingensi, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara. Potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga perlu terus diwaspadai, terutama menjelang pelaksanaan pilkada serentak di akhir tahun 2020 di bulan Desember. Selain tugas yang sama pernah dilakukan di pilkada serentak 2017 dan 2019, kali ini juga harus menjaga protokol kesehatan. Saya tahu tugas ini tidaklah mudah namun saya yakin Polri, TNI, serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu menjalan tugas ini dengan baik.

Hadirin yang saya muliakan,
Segenap anggota Polri yang berbahagia,

Sebelum mengakhiri amanat ini, saya menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

Pertama, terus pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, jaga kehormatan, jaga kepercayaan, jaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

Kedua, terus lakukan reformasi diri secara total, bangun sistem, dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel, serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Ketiga, terus mantapkan soliditas internal, perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Keempat, terus terapkan strategi proaktif dan tindakan persuasif dan humanis, dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Kelima, terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa menyertai langkah-langkah kita untuk mengabdi kepada rakyat, kepada bangsa dan kepada negara.

Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia
Teruslah menjadi Rastra Sewakottama: Abdi Utama Nusa dan Bangsa

Terima kasih. Selamat bertugas.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Om shanti shanti om
Namo buddhaya

(Wan/doc.sekneg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed