by

Babinsa Monitoring kegiatan menyambut PABARU SUNDA (Tahun Baru Sunda) Anggara Pahing 1 Suklapaksa Kartika 1957 Caka Sunda Tahun EMBE (Kambing).

BOGOR,–Sorotperadilan.com l Telah berlangsung kegiatan menyambut PABARU SUNDA (Tahun Baru Sunda) Anggara Pahing 1 Suklapaksa Kartika 1957 Caka Sunda Tahun EMBE (Kambing), di Graha Pena Radar Bogor Jl.Kh.Abdulah Bin Nuh Rt. 02/03 Kel.Curug Mekar Kec.Bogor Barat. Minggu (26/7/20).

Adapun rangkaian kegiatan Sebagai Berikut, dilaksanakan olah raga bersama jalan sehat yang diikuti lebih kurang 100 orang dengan Star dari Situ Panjang Kel.Situ Gede melalui rute sawah perbatasan kota dan kabupaten Bogor,

dilanjutkan melintasi perkebunan dan persawahan masuk Cipor penangkaran rusa situ gede – belakang kelurahan Situ Gede (Istirahat) 10 menit dan Star kembali masuk lagi hutan ciffor manggala agni masuk perkampungan Kel. Bubulak kemudian menyebrang jembatan Cisadane diteruskan ke Jln Raya Semplak masuk lewat belakang SMAN 10 Abdulah bin Nuh Kel. Curug Mekar Kec.Bogor Barat.

peserta olah raga jalan santai Pabaru Sunda 1957 Finish di Radar Bogor, dilanjutkan ramah tamah dan Kesenian, Pentas Seni jaipongan,Pencak Silat serta Puisi Bahasa Sunda.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim, Danwingdikum Lanud ATS, Bpk Hazaerin Sitepu (CEO Radar Bogor), Bapak Harlan (Bobat), Danyon 23 Kopassus, Bapak Guntur Santosa (Bobat), Ki Wahyu (Budayawan), Kasat Binmas Polresta Bogor, Bapak imam (Budayawan), Bapak Iwan Suryawan (Angg DPRD Prov Jabar F.PDI Dapil Kota Bogor), Bapak Karyawan Fathurahman (Budayawan/Mantan Wakil Bupati Kab Bogor), Perwakilan Dinas Pariwisata Kota dan Kabupaten Bogor, Camat Bogor Barat dan Perwakilan Babinsa dan Lurah serta Babinkamtibmas dari Kec.Bogor Barat.

Dalam Sambutan Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim Mengatakan,
“Setelah saya melihat sambil gerak jalan saya melihat daerah yg kita lewati masih banyak bahan perkerjaan buat kita untuk melihat dari Budayanya, oleh karena itu kita harus memberikan wawasan kepada masyarakat yg bukan dari Jawa Barat agar ikut mengikuti dan menjaga Budaya Sunda walaupun bukan orang Sunda”, Tuturnya.

” Pembangunan karakter harus dibina dari awal, oleh karena itu harus kita dengan mengawali Perwali, itulah salah satu perwali yaitu tentang membangun Karakter masyarakat Kota Bogor, setiap saya keliling kota Bogor kenapa setiap ada kegiatan pasti ada Marawis padahal alangkah lebih baik nya juga kebudayaan Sundanya seperti Calung ,pencak silat dll untuk dipentaskan”, Sambung Dedie.

Dedie Menambahkan, “Mengucapkan banyak terima kasih kepada para tokoh yg sudah hadir dalam rangka PABARU SUNDA 1957, diharapkan tali silarurahmi ini bisa tetap berjalan dan terjalin”,Tungkasnya.

Sementara Babinsa Kelurahan Curug Mekar Serma Ahmad Nuh Rowi mengatakan, peringatan PABARU SUNDA (Tahun Baru Sunda) Anggara Pahing 1 Suklapaksa Kartika 1957 Caka Sunda Tahun EMBE (Kambing), Semoga memberikan pencerahan bagi kita Semua tentang makna kehidupan Dalam Tahun Ke Tahun.” Ini merupakan momentum untuk introspeksi diri bagi setiap Manusia agar hidup lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” Sambungnya

“bersama-sama memperbaiki serta merenungi semua kesalahan dan kealfaan di hadapan Allah SWT.” Semoga Peringatan Pabaru Sunda (Tahun Baru Sunda), Allah SWT memberikan kemudahan rezki, kesejahteraan dan dijauhkan segala Bencana Bagi Bangsa Indonesia yang kita cintai” Pungkasnya (Wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed