by

Presiden Jokowi: Terlalu Banyak Eselon PNS Buat Anggaran Sulit Diawasi

BOGOR ,–Sorotperadilan.com l Pemerintah telah mengambil langkah untuk melakukan pemangkasan eselon III dan IV dari jabatan struktural yang ada di tubuh birokrasi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa pemangkasan ini perlu dilakukan agar tidak memperpanjang proses birokrasi.

“Karena terlalu banyak eselon akan semakin memperpanjang birokrasi,” katanya saat memberikan sambutan dalam Aksi Nasional Pencegahan Korupsi di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (26/8/2020).

Dia mengatakan semakin banyaknya jabatan struktural akan semakin membuat anggaran terpecah dalam unit-unit kecil. Hal ini membuat pengawasan akan sulit dilakukan.

“Akan semakin memecah anggaran dalam unit kecil-kecil yang sulit pengawasannya. Dan anggaran akan habis digunakan hanya untuk rutinitas saja. Inilah yang sejak awal saya sampaikan dan inilah yang saya tidak mau,” ungkapnya.

Jokowi menegaskan bahwa anggaran seharusnya bukan hanya untuk kegiatan rutin saja tapi juga untuk program-program strategis nasional.

“Saya minta agar anggaran digunakan untuk membiayai program yang strategis, yang relevan dengan kebutuhan kita, yang menjawab kepentingan masyarakat dan yang membawa lompatan-lompatan kemajuan kita,” pungkasnya.(Max)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed