by

Pemerintah kabupaten Lebak Gelar FGD Penyusunan Masterplan Geopark Bayah Dome menuju geopark nasional.

-Daerah-1,331 views

Lebak-,Sorot peradilan.com l Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak melakukan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan Masterplan Geopark Bayah Dome. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Plt. Ketua DPRD Kab. Lebak Ucuy Masyhuri, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah,dan juga beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Lebak, Camat, serta Lembaga-lembaga terkait secara daring.

Sedangkan kegiatan dilakukan Bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak, pada Rabu 16/09/2020.

Dalam berikan sambutannya Bupati Lebak menyampaikan bahwa Kab. Lebak memiliki berbagai potensi alam yang luar biasa didukung serta keanekaragaman hayati, budaya, serta warisan geologi yang tak ternilai. Sehingga pengembangan Geopark Bayah Dome menjadi langkah strategis dalam upaya mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Lebak yaitu “Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal”.

Bupati Lebak iti Octavia jayabaya juga meminta kepada seluruh para Camat dan Kepala Desa, setelah dilakukan penetapan warisan geologi oleh Kementerian ESDM untuk mensosilasisasikan juga mengajak masyarakat turut menjaga dan melestarikan warisan geologi yang ada di wilayahnya agar tidak mengalami kerusakan.

“Karena warisan geologi tersebut memiliki manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, keperluan konservasi dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan” Ungkap Bupati Lebak.

Sementara itu Ketua Tim Pusat Penelitian (Puslit) Geopark dan Kebencanaan Geologi (GKG) Universitas Padjajaran Prof. Mega Fatimah Rosana dalam paparannya menjelaskan” beberapa potensi yang dimiliki oleh Kab. Lebak (keragaman geologi dan makna warisan geologi).

Prof. Mega melanjutkan, Geopark Bayah Dome yang diinisiasi oleh Pemkab Lebak sejak 2019 kawasannya meliputi 12 kecamatan di Kab. Lebak, yaitu kecamatan sajira, Leuwidamar, Muncang, Cipanas, Sobang, Lebak gedong, Cibeber, Cilograng, Bayah, Panggarangan, Cihara juga Malingping.

“Kita semua harus bisa menjaga dan melindungi warisan, akan tetapi warisan itu harus kita manfaatkan jangan hanya disimpan, makanya motto dari geopark ini adalah alamnya lestari masyarakatnya sejahtera” Ucap Mega.

Bupati lebak juga berpesan kepada seluruh pihak terkait untuk senantiasa membangun sinergitas dalam pengembangan keragaman potensi wisata warisan geologi Bayah dome menuju geopark nasional.(JM)*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed