by

Jelang Kedatangan Perdana Menteri Jepang, Pemkot Bogor Maksimalkan Persiapan

Bogor,–Sorotperadilan.com l Wali Kota Bogor Bima Arya mengikuti rapat koordinasi pengamanan jelang kedatangan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga bersama jajaran ke Istana Kepresidenan Bogor yang dijadwalkan tiba di Indonesia, Selasa (20/10/2020).

Dalam rakor yang digelar di Aula Korem 061/Suryakencana, Senin (19/10/2020), turut hadir Danrem 061/SK Brigjen TNI Agus Subiyanto, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Roby Bulan, Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Prasetyo Purbo, Paspampres, Protokol Kepresidenan dan instansi terkait lainnya.

“Kota Bogor selama periode Pak Jokowi ini menjadi pilihan bagi presiden untuk menerima tamu negara. Bagi kita ini suatu kehormatan untuk kita jaga. Bukan saja simbol negara tapi etalase nasional Bogor ini. Karena itu Insya Allah Pemkot Bogor memaksimalkan koordinasi dengan semua,” ungkap Bima Arya.

Bima mengatakan, Pemkot Bogor akan menyiapkan personel untuk mendukung pengamanan TNI/Polri, mulai dari jajaran Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PDAM, Dinas Kesehatan, termasuk menyiagakan rumah sakit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Insya Allah ikhtiar bersama dari Forkopimda Kota Bogor akan maksimal sehingga kegiatan kenegaraan bapak Presiden bisa berjalan dengan baik,” imbuh Bima.

Menurut Bima, tidak ada jalur yang ditutup karena prosesi penyambutan tamu negara akan sangat minimalis di tengah pandemi ini. “Kita koordinasi semua di lapangan. Besok itu protokolnya minimalis, tamunya minimalis, pendamping Presiden juga minimalis, jadi tidak banyak. Tidak ada jalan yang ditutup kecuali saat tamu negara lewat saja. Pasti perlu pengamanan ekstra,” jelas Bima.

Dalam draft rencana kunjungan dari Protokol Kepresidenan, PM Jepang bersama rombongan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar jam 13.20 WIB besok. Kemudian dilanjutkan transit sementara di sebuah hotel di Jakarta.

Kemudian rombongan dijadwalkan tiba di Istana Kepresidenan Bogor sekitar jam 15.45 WIB untuk melangsungkan beberapa kegiatan kenegaraan hingga jam 19.30 WIB sebelum kembali ke Jakarta. Di sela acara kenegaraan tersebut, dijadwalkan tamu negara diajak berkeliling Kebun Raya Bogor.

Sementara itu, Danrem 061/SK Brigjen TNI Agus Subiyanto yang juga sebagai Ketua Satgas Pengamanan VVIP mengatakan, bahwa semua persiapan sudah dibahas, mulai dari pengamanan, teknis dan dukungan instansi terkait.

“Insya Allah besok kunjungan berjalan lancar. Kita ada prosedural (pengamanan tamu negara/VVIP), kita ikuti saja prosedural yang berlaku. Ring 1 Paspampres, kita backup di ring 2 dan ring 3. TNI/Polri ada sekitar 1.000 personel di wilayah Bogor. Penyambutan tentunya tidak seperti biasanya (sebelum pandemi). Kita minimalisir dampaknya. Semoga besok acaranya bisa berjalan dengan lancar,” tandas Agus. (Rudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed