by

“JUMLING(Jumat keliling) KE MASJID BESAR AR-RAHMAN”

Bogor Kota,–Sorotperadilan.com l – Jum’tan keliling (Jumling) Ke 5 lima masih diseputaran Rumah, Kali ini ke masjid Ar Rahman, Yang bertempat di Jl. Ahmad Sobana (d/h Bangbarung Raya) No.43 Bogor, Dari Pusat Kota berjarak Sekitar 2,5 km arah utara, Ar Rahman adalah salah Satu Nama yang dimuliakan milik Allah (Asma’ul Husna) yang artinya “Maha Pemurah”.
Masjid dibangun atas bantuan Yayasan Amal Bhakti Muslim Panca Sila (YAMP) dan diresmikan pada tanggal 28 April 1987, Oleh Ketua Yayasan sekaligus Presiden RI waktu itu, Pak “Piyé enak jamanku to ?”, Bapak HM Soeharto.

Karena tidak jauh dari Rumah, Hanya berjarak sekitar 500 meter, Saya Tempuh dengan berjalan kaki, Arsitektur sangat sederhana, Mengadopsi Gaya Tradisional Jawa, Tampak pada atapnya yang limasan dan Bertingkat tiga, Untuk mempertegas kesan Islami, Dibangun menara disamping kiri depan, Puncak menara ditutup dengan atap model limasan, Senada dengan bentuk atap Masjid, dan Sama-sama berwarna hijau.

Yang unik, ditembok teras terpampang tulisan atau pengumuman “Masjid 24 jam” Karena Hanya Masjid Besar Ar-Rahman saja yg hanya buka 24 jam,terbuka bagi jamaahnya.

Konsekwensi buka 24 jam, Saya rasakan disini, kondisi toilet yang bersih dan harum, Selepas berwudhu, Pukul 11.07 (wib), Saya masuk ruang peribadatan, Saat itu baru terdapat 50 jama’ah, rata-sedang berdzikir dan tadarus, Ruangan berbentuk empat persegi panjang berlantai dua, Lantai 1 satu seluas Sekitar 400m2 berlantai Granit putih bersih , Dilapis karpet warna hijau di shaft bagian depan , Lantai 2 (mezanine) luas sekitar 100 m2, sehingga total luas ruangan 500 m2.

Saya perkirakan bisa memuat 1.000 jama’ah.
Mihrab berupa cerukan empat persegi panjang, lebar 3 meter dengan kedalaman 1, 5 meter. Didalamnya terdapat Sajadah untuk sholat Imam dan mimbar terbuat dari kayu polos tanpa ukiran, Diatas terpasang
Mihrab sangat semarak, Penuh warna hijau kuning, biru, coklat dan orange. Bagian tengah dihias kaligrafi dalam bulatan warna biru bertuliskan surat Al Fatikhah, Diatas kanan kaligrafi berlafadz Allah dan atas kiri Nabi Muhammad SAW, Kiri kanan mihrab juga dihias kaligrafi aliran Kufi Madzfur ( berjalinan), Dinding altar polos, dihiasi jendela yang ditutup atau tidak Difungsikan, 3 dikanan, 3 dikiri.

Dibawahnya terdapat rak Gantung untuk menaruh Al-Qur’an dan kitab bacaan lainnya.
Sekeliling dinding bagian atas, berbatasan dengan langit-langit, dihias kaligrafi aliran reguler dan Untuk kenyamanan, Masjid dilengkapi 10 kipas dinding yang dipasang merata dan 1 AC split khusus untuk imam.
Menit ke menit, Pukul 11.45 (wib), Petugas menyalakan lampu Mihrab, Mihrab yg yang hanya seluas 4,5 m2, Dijejali dengan 4 lampu LED Phillips Tornado 20 watt.

Pukul 11.54 (wib), Langsung Adzan, Tidak terdapat pengumuman2 seperti masjid pada umumnya, Artinya masjid tidak menganut azas keterbukaan ( disclosure), Nama khotib juga Imam praktis tidak ada jama’ah yang tahu, kecuali pengurus masjid, Tentu saja,
Selepas adzan kedua, Pukul 12.05 (wib) khotbah dimulai, Khotib berusia sekitar 50 thn, Berperawakan agak tinggi, berpeci hitam, bergamis putih dan Khotbah tidak berthema, biar mudah dipahami, bolehlah saya kasih judul “sholat adalah kewajiban manusia Berikut Ringkasannya,”

1.Perintah sholat merupakan mu’jizat Nabi Muhammad SAW yang diperoleh saat peristiwa Isra’ Mi’ raj.

2.Sebelumnya, Rasulullah menjalankan Sholat hanya 2 kali di pagi hari dan petang, masing-masing 2 raka’at, Ditambah 1 kali di malam hari.

3. Kata sholat, Banyak ditemukan didalam Al Qur’an, diantaranya dalam surat An Nisa ayat 103 dan surat Ibrahim ayat 31.

4.Konon saat Isra’ Mi’raj, perintah sholat awalnya adalah 50 kali dalam sehari semalam (seharmal), Oleh Nabi Musa, Rasulullah disarankan untuk menawar kepada Allah SWT, Setelah melalui tawar-menawar sebanyak 5 kali, Diperoleh bilangan 5 kali dalam seharmal.

5. Walau sudah diperoleh angka 5 kali, Nabi Musa masih mengomporin Rasulullah untuk menawar lagi, Akan tetapi Rasulullah sungkan dan tidak mau.

6. Perintah sholat juga ditujukan kepada para nabi dan kaumnya terdahulu, Nabi Musa, Ibrahim, Ismail, Isa dsb. Hal ini dinyatakan dalam Al Qur’an seperti: Surat Ibahim ayat 40, Surat Maryam ayat 55, Surat Al Anbiya ayat 73, Surat St Thoha ayat 14 dan Surat Matyam ayat 31.

7. Sebagai penutup, disampaikan pengaruh atau manfaat sholat:

a.menciptakan atay melatih konsentrasi
b.membentuk budi pekerti yg baik, rendah hati
c.mensucikan jasmani & rohani
d.mendidik kepatuhan dan disiplin ujar ustd wahyu mimbar, menutup khotbah jumatnya,beliau juga sekaligus ketua DKm masjid tersebut.

Pewarta m.ibing/Dede hanapi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed