by

We Own The Earth KRB Ajak Masyarakat Menanam

-Daerah-1,237 views

Bogor,–Sorotperadilan.com l Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini memaksa semua lapisan masyarakat kembali ke alam. Contohnya saat ini banyak masyarakat yang lebih senang melaksanakan aktivitas olahraga di alam terbuka, seperti berwisata dan banyak juga masyarakat yang senang menanam.

“Jadi kegiatan hari ini bagian dari kampanye itu. Kita lihat di akhir pekan, luar biasa dan tidak pernah terjadi di Kota Bogor. Orang bersepeda, jogging, tracking, menyerbu Kota Bogor. Dan ini yang sekarang disambut Kebun Raya Bogor dengan catatan protokol kesehatannya tetap diperhatikan. Ini bagian dari edukasi dan bagian dari menjemput tren tersebut,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya saat menghadiri acara We Own The Earth di Kebun Raya Bogor, Sabtu (28/11/2020).

Berolahraga atau beraktivitas di alam terbuka kata Bima Arya, dapat memberikan suasana yang lebih nyaman dibanding di dalam ruangan. Para komunitas terlihat bergairah menyambutnya, sehingga dampaknya mampu meningkatkan imunitas dan kesehatan bersama-sama.

Kepada semua, Bima Arya menyampaikan bahwa Kota Bogor memiliki identitas Green City atau Kota Hijau dan hal itu diawali di Kebun Raya Bogor yang merupakan penjaga Kota Bogor.

“Disinilah simbolnya, karena itu semua gerakan-gerakan penghijauan epicentrumnya di Kebun Raya Bogor, karena disinilah contohnya,” katanya.

Menurut dia, Kebun Raya Bogor memberikan nuansa hijau bagi Kota Bogor, sehingga menjadi diferensiasi tersendiri yang tidak dimiliki kota atau daerah lain. Gerakan penghijauan digalakkan dimana-mana, salah satunya Gerakan Penanaman Pohon.

Ketua panitia penyelenggara Hari Menanam Pohon se Indonesia, Binky menyebutkan, dalam acara tersebut pihaknya mengajak para komunitas sepeda di area KRB dengan mengenakan kostum yang unik selain kegiatan menanam pohon di Hari Menanam Pohon Sedunia.

“Bersepeda di dalam KRB dengan gaya diharapkan kegiatan ini menular di kebun raya yang lain di Indonesia. Konsepnya bermain dalam dengan sepeda, piknik dengan keluarga, interaksi dengan peserta lain dalam acara,” ujar Binky.

Direktur Mitra Natura Raya, Hendra Nur Saleh mengatakan, melalui acara ini ia mengajak semua pihak untuk menanam pohon dan menggelorakan semangat Indonesia melalui Kebun Raya Bogor.

Diakhir acara diberikan pohon sebagai proses adopsi tanaman kepada para komunitas yang turut berpartisipasi, diantaranya Komunitas Oncom (Ontel Community) Bogor, Hutan Itu Indonesia, Berani Jaga Bumi. (Rudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed