by

Penyelenggara Pelayanan Kepemudaan Terbaik, Pemkot Bogor Raih KNPI Award 2020

Bogor,–Sorotperadilan.com l Pemerintah Kota Bogor meraih penghargaan sebagai pemerintah daerah terbaik dalam penyelenggara pelayanan kepemudaan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat.

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Bogor Bima Arya dari Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F Wilantara dalam ajang KNPI Award 2020 di Pullman Hotel Bandung, Senin (28/12/2020) malam.

“Penghargaan ini untuk teman-teman KNPI Kota Bogor dan seluruh aktivis pemuda Kota Bogor yang telah berkolaborasi dengan Pemkot untuk ikut menjadi bagian dari solusi persoalan di Kota Bogor,” ungkap Bima Arya usai menerima penghargaan.

Menurutnya, Pemkot Bogor hanya memfasilitasi sebagian kecil pemuda saja. “Banyak pemuda yang bahkan telah memberikan inspirasi dengan mandiri tanpa bergabung kepada siapapun. Saya bangga dengan mereka,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bima Arya juga memberikan apresiasi kepada para pemuda yang ikut andil bagian membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. Seperti diketahui, Bima Arya telah meluncurkan Tim Elang pada September 2020 lalu. Tim ini merupakan unit patroli protokol kesehatan yang beranggotakan pemuda-pemuda dari KNPI dan Karang Taruna di Kota Bogor.

“Pemkot juga berterimakasih kepada para pemuda yang memilih berada di garis depan dalam perang melawan Covid-19 dengan menjadi relawan dan bergabung dengan Tim Elang,” kata Bima.

Selain melibatkan pemuda dalam penanganan Covid-19, Pemkot Bogor juga menggalakan program Bogor Berkebun di mana banyak para petani muda dari kalangan mahasiswa dan organisasi kepemudaan lainnya yang dibina dan diberikan berbagai macam benih dan bibit secara gratis mulai dari menanam sayuran, tanaman hias, budidaya lele, ayam arab hingga kambing.

Selain berbagai program, Pemkot Bogor juga telah memiliki Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2019 tentang pelayanan kepemudaan untuk memberikan kepastian hukum dalam pembangunan dan penguatan kepemudaan di Kota Bogor.

Hadir dalam KNPI Award 2020 tersebut Staf Khusus Wakil Presiden RI Arif Rahman, Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui daring.

KNPI Award 2020 merupakan wujud apresiasi atas dedikasi dan komitmen para tokoh Jawa Barat yang mendorong peran serta pemuda dalam pembangunan, sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia yaitu SDM unggul Indonesia maju, dan juga visi Jawa Barat yaitu Jabar Juara Lahir Batin.

Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F Wilantara menyatakan, merujuk pada Peraturan Menpora nomor 11 tahun 2017 tentang pengembangan kabupaten/kota layak pemuda, ada 4 aspek yang Kemenpora nilai dalam memberikan predikat pemerintah daerah kota/kabupaten layak pemuda.

“4 aspek itulah yang kami adopsi dalam penilaian kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pelayanan kepemudaan dengan sebaik mungkin, seobyektif mungkin,” ujar Rio.

Aspek yang pertama adalah ketersediaan regulasi. “Masih ada kabupaten/kota di provinsi Jawa Barat yang belum memiliki peraturan daerah tentang kepemudaan,” katanya.

Aspek kedua, kata dia, adalah alokasi anggaran. Baik anggaran yang ditempatkan langsung untuk perangkat daerah yang menangani urusan di bidang kepemudaan atau KNPI ataupun perangkat daerah lainnya yang terkait pembangunan kepemudaan.

“Aspek ketiga adalah implementasi program. Ada 10 kategori program, yakni tata kelola organisasi, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, usaha kecil, lingkungan hidup, pemberdayaan perempuan, pemberdayaan masyarakat, tanggap bencana dan ketahanan pangan,” terangnya.

“Dan keempat adalah kelembagaan dan partisipasi. Gagasan utama dari pengaturan Perda ini adalah untuk menciptakan dan partisipasi pemuda dalam kebijakan publik. Oleh karena itu 4 aspek ini menjadi fokus penilaian kami,” tambahnya.

Rio juga menyebut melalui berbagai program dan dukungan pemerintah daerah, bahwa Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Jawa Barat naik 14 poin. Dari sebelumnya berada di posisi 34, saat ini duduk di posisi 20.

Di tempat yang sama, Ketua KNPI Kota Bogor Bagus Maulana Muhammad mengatakan bahwa penghargaan yang diraih Pemkot Bogor ini membuktikan bahwa KNPI dan Pemkot Bogor senantiasa berkolaborasi dalam berbagai program pembangunan.

“Penghargaan ini bonus untuk memotivasi kita semua. Ini membuktikan bahwa Pemkot sering memberikan motivasi kepada anak muda Kota Bogor bahwa kerja ikhlas dan kerja tuntas itu akan membuahkan hasil dan memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujar Bagus yang hadir bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bogor Herry Karnadi.

“Di 2021 kita masih dalam kondisi yang sangat luar biasa, membutuhkan kekompakan semua pihak, termasuk para anak muda. Mudah-mudahan, kita anak muda terus bersinergi karena harus seiring sejalan dengan Pemerintah Kota Bogor. Bakti guna kita untuk masyarakat, harus kita buktikan dan implementasikan dalam berbagai aktivitas yang memang dalam kondisi luar biasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tambahnya.

Bagus juga mengajak para pemuda untuk melewati pergantian tahun dengan mengevaluasi diri agar tahun yang baru membawa harapan baru.

“Jadi, seiring sejalan dengan pimpinan kita di tingkat jawa barat, yaitu Pak Gubernur dan Ketua DPD KNPI Jabar, bahwa kami pun KNPI Kota Bogor mengimbau kepada para pemuda untuk melakukan sebuah pembeda dalam perayaan malam tahun baru 2020 menuju 2021 ini dengan lebih banyak bermuhasabah diri dengan berkontemplasi mengevaluasi apa yang telah terjadi di 2020 supaya di 2021 tantangan apapun bisa dihadapi dengan matang,” pungkasnya. (Rifani)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed