by

Ketahanan pangan Wilayah Adat kasepuhan Cisitu sangat layak masuk program.

-Daerah-1,293 views

Lebak,-Sorotperadilan.Com | Wilayah adat Kasepuhan Cisitu berada diantara dua desa Situmulya dan Desa Kujang Sari yang berpenduduk sekitar sepuluh ribu jiwa atau sekitar Mayoritas pekerjaan warga dua tersebut rata rata bertani. Wajar bila penduduk setempat tidak pernah kekurangan pangan terutama beras.

“Rata – rata warga desa memiliki Lumbung padi (leuit). Untuk bekal hidup sehari – hari.sedikitnya ada lima ribu lumbung padi yang berdiri disekitar rumah warga semua berisi padi penuh.

Saat bersama Wartawan Lensa Fokus Yoyo Yohenda atau lebih akrab dipanggil Jaro Uta Sekertaris Lembaga Adat Cisitu bersama Ketua Adat Kasepuhan Cisitu Abah Haji Okri Memaparkan keberadaan lumbung padi di Cisitu pada Kamis,(21/01/2021).

” Dari jumlah lumbung padi yang ada” rata rata per-lumbung berisi tiga setengah ton padi secara keseluruhan masih tersedia tujuh belas juta lima ratus kilogram beras.Cukup melimpah. Bahkan, tidak heran apabila di daerah kami ada beras berumur lima sampai sepuluh tahun.”

” Ketersediaan padi yang ada ini, kami lakukan hanya satu kali penanaman padi dalam setahun. Nah,bila kami menanam padi dua kali dalam setahun, mau diapakan padi yang melimpah ini. kata ” Yohandi.

“Hal senada dikuatkan oleh Ketua Adat Kasepuhan Cisitu, Abah Haji Okri yang berpuluh tahun silam pernah ke Istana Negara atas Undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) waktu itu.

” Abah bersama Yohandi, sekarang ini sedang mencari cara dan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Agar hasil bertani yang melimpah ini bisa dipasarkan.Sebab tidak jarang padi di lumbung itu sampai puluhan tahun. Lebih miris jika sudah tidak bisa dikonsumsi akhirnya bisa terbuang”

“Nah, doakan saja kedepan padi (Pare Gede) dari Cisitu, bisa terjual dan dikonsumsi oleh masyarakat luar. Tentu ini semua butuh kerja sama berbagai pihak.”tutupnya
(Jum)*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed