by

Optimalkan TPS3R Guna Tekan Produksi Sampah di Desa Cikaobandung

-Daerah-719 views

Sorotperadilan.com- Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali membangun Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R).

Salah satunya di Desa Cikaobandung Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, sedang berlangsung kegiatan TPS3R, Dengan demikian, sampah-sampah organik yang telah dipilah dan diolah akan dapat menghasilkan enzim dan dimanfaatkan untuk pakan magot serta pupuk organik.

“Sebelum pembangunan TPS3R, KSM sudah kita bekali bagaimana cara mengolah sampah ketika TPS3R berdiri, mereka juga akan mendapat keuntungan tersendiri dari pengolahan tersebut,” terang Sajid Majid Selaku kepala Desa Cikaobandung kepada awak media, Senin (13/06/2022).

Dari TPS3R yang akan dibangun ini, Tambah Sajid, nantinya Pemkab juga akan memfasilitasi pengangkutan sampah residu ditingkat Desa untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan diolah lagi disana.

Menurut Sajid Majid Kepala Desa Cikaobandung, hal ini merupakan jawaban dari permasalahan sampah di desanya. ia juga menyebutkan, TPS3R di desanya tersebut merupakan tahap awal untuk pengembangan desa wisata”, terang Sajid.

“Mudah-mudahan program ini bisa menumbuhkan perekonomian warga cikaobandung Sehingga warga yang awalnya enggan memilah sampah akan berbondong-bondong ke tempat ini (TPS3R),” tutup Sajid.

Ditempat yang sama Suhandi selaku Ketua Swadaya Masyarakat (KSM) Shodllid juga menyampaikan kepada awak media “Semoga dengan limbah yang diolah dengan berbagai macam output tersebut akan menjadikan komoditi yang bermanfaat bagi warga Cikaobandung,” Singkatnya.

(Dodi.ST)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed