by

Wali Kota Depok Ingatkan Tugas dan Fungsi LPM di Tingkat Kelurahan.

-Daerah-790 views

Depok,– Sorot Peradilan //
Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri acara pengukuhan Ketua dan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Depok di Alun-alun Kota Depok, Rabu (04/01/23).

Pada kesempatan itu, Kiai Idris, sapaannya, mengingatkan kembali tugas dan fungsi LPM yang ada di tingkat kelurahan.

Dikatakannya, tugas dan fungsi LPM yaitu membantu lurah dalam urusan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan kehidupan sosial, dan pemberdayaan masyarakat.

“Artinya bersama lembaga kemasyarakatan kelurahan lainnya seperti RT-RW, karang taruna, termasuk pembentukan kelompok masyarakat (pokmas), bersama-sama melakukan percepatan di kelurahan se-Kota Depok,” kata Kiai Idris.

Tentu percepatan tersebut, ujar dia, diharapkan dapat memberikan manfaat secara masif dengan model kepemimpinan yang kolektif, kolaboratif, dan koordinatif antara seluruh pejabat tingkat kelurahan.

Oleh karena itu, Kiai Idris menginginkan semua ketua LPM terpilih untuk meningkatkan dan kembali memahami program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Misalnya kita punya program besar, mewujudkan Depok sebagai Kota Sehat yang insyaAllah penilaiannya tahun ini,” ujarnya.

“Program besar lainnya mewujudkan Depok Kota Layak Anak, belum lagi persoalan lainnya, seperti sampah karena memang pembangunan kota ini adalah hasil kebersamaan kita yang dirumuskan dalam Musrenbang,” jelasnya.

“Ini sebuah komitmen dan tekad kita untuk bersama-sama mewujudkan Kota Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera,” katanya.

Kiai Idris menjelaskan, kerja-kerja LPM merupakan kerja-kerja kemasyarakatan, kerja yang membutuhkan dedikasi luar biasa dan ketulusan.

“Kita harus memahami psikososial masyarakat. Untuk itulah interaksi LPM bersama lurah adalah interaksi yang saling memberikan kelengkapan di tingkat kelurahan,” ungkapnya.

Kiai Idris pun menyampaikan sejumlah pesan penting kepada seluruh Ketua LPM agar dapat semakin optimal menjalankan kerja-kerja bersama lurah di wilayahnya masing-masing.

“LPM adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, LPM adalah Lanjutkan Pembangunan Manusia,” tuturnya

“LPM bukan Lembaga Pemperdayaan Masyarakat, tapi LPM adalah Lembaga Pengendali Masyarakat, LPM bukan Lembaga Pemerasan Masyarakat, tapi Lembaga Penyantunan Masyarakat,” tambahnya.

“LPM bukan Lembaga Politisasi Masyarakat, tapi Lembaga Penyatu Masyarakat, maka itu yang kami harapkan, sehingga LPM benar-benar bekerja on the track,” tandasnya. (Ark).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed