by

Jelang Ramadan, TPID Depok Sidak Pasar: Stok Aman, Harga Naik Tipis

-Daerah-89 views

Depok, Sorot Peradilan //
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok tak mau kecolongan. Menjelang Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah, mereka menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Cisalak, Cimanggis, untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Mohammad Fitriawan, memimpin langsung sidak kali ini. Ia bersama rombongan mengecek lima komoditas inti, yaitu beras, telur, daging ayam, daging sapi, dan cabai.

Hasilnya, stok kelima komoditas tersebut aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan. Namun, Fitriawan mencatat adanya kenaikan harga pada beberapa komoditas.

“Harga cukup fluktuatif. Mudah-mudahan ke depan tidak ada lonjakan yang berarti,” harapnya.

Berdasarkan pantauan di Pasar Cisalak, harga beras medium Rp13 ribu/kg, beras premium Rp15 ribu/kg, telur ayam ras Rp31 ribu/kg, daging ayam boiler Rp40 ribu/kg, dan daging sapi Rp140 ribu/kg.

Sementara itu, cabai merah biasa Rp76 ribu/kg, cabai rawit merah Rp63 ribu/kg, bawang merah Rp34 ribu/kg, dan bawang putih biasa Rp38 ribu/kg.

Fitriawan menjelaskan, kenaikan harga ini sudah terjadi sejak pemilu dan biasanya akan kembali turun setelah Ramadan.

“Sesuai tradisi, menjelang Ramadan harga kebutuhan pokok naik sedikit. Pengakuan pedagang, biasanya hari keempat dan kelima Ramadan harga sudah kembali turun,” paparnya.

Satgas Gabungan TPID Kota Depok tak hanya memantau harga, mereka juga membeli beberapa komoditas seperti cabai, kembang kol, bawang merah, daging ayam, daging sapi, telur, dan beras. Hal ini dilakukan untuk memastikan stok cukup dan harga terjangkau.

“Informasi dari Bulog dan Bapanas, stok hingga lebaran aman. Daya beli masyarakat masih batas rata-rata,” pungkas Fitriawan.

Sidak TPID di Pasar Cisalak menjadi langkah awal untuk menjaga stabilitas harga dan memastikan kelancaran distribusi bahan pokok selama Ramadan. Upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan selama bulan suci. (Asep).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed