by

KODIM 0606 Kota Bogor Gelar Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial

BOGOR,–Sorotperadilan.com l Kodim 0606 Kota Bogor menggelar kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial tahun 2020, yang berlangsung di aula Makodim 0606/Kota Bogor di Jl. Jend.Sudirman No. 33 Kelurahan Pabaton Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Senin (20/7/2020).

Pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial dimaksudkan untuk meningkatkan Sumber daya Prajurit, kesiapan Prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Dalam sambutanya Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan S.l.P mengatakan Kodim mempunyai tugas pokok yaitu teritorial untuk pertahanan di darat.

“Untuk mendukungnya kita harus bersinergi dengan intansi lainya. Sikap teritorial wajib dikuasai oleh aparat kewilayahan, yaitu senyum, sapa, saling menghargai dan saling membantu satu sama lain dan bergotong royong, laksanakan orientasi di wilayah kita bertugas dan  harus cepat beradaptasi,” Kata Dandim.

Dandim 0606 Kota Bogor Menambahkan Dalam Pemaparannya, menekankan kepada anggota, prajurit Kodim agar dapat meningkatkan penguasaan wilayah, diantaranya goegrafi, demografi dan kondisi sosial sekecil apapun serta dapat mengoptimalkan deteksi dini temu cepat dan lapor cepat.

“Lakukan komunikasi dengan baik  kepada masyarakat yang ada diwilayah sehingga kita bisa mengambil keterangan maupun informasi dari masyarakat,”tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Danramil 0604/Bogor Barat Kapten Arm Uki Dasuki.

Dalam pemaparannya, Danramil mengatakan aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial.

Oleh karena itu, kata Danramil, aparat harus memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas, serta mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lainnya.

“Melalui kegiatan ini saya berharap bisa memberikan motivasi, dorongan kepada prajurit Kodim 0606/Kota Bogor dalam rangka menyukseskan tugas pokok aparat kewilayahan, Sebagai aparat kewilayahan prajurit Kodim 0606/Kota Bogor bisa meningkatkan penguasaan wilayah, diantaranya, Geografi, Demografi dan kondisi sosial,”jelasnya.

Sehingga, dia berharap para Babinsa mampu memahami tugas dan fungsinya sebagai Aparat Kewilayahan, sehingga tidak ada keraguan dalam mengaplikasikanya di lapangan.

Sementara, Danramil 0602/Bogor Selatan Kapten chb Sukardi selaku pemberi materi berikutnya menyampaikan sikap teritorial adalah sikap yang berupa kedekatan TNI dengan rakyat.

“Terutama di daerah TNI bertugas, yang paling utama sebagai aparat kewilayahan adalah sikap sopan santun saling menghormati antara orang lain, suku, adat dan mempelopori usaha-usaha masyarakat serta dapat terpelihara kemanunggalan TNI-Rakyat,” Tungkasnya.(Ervin/erris).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed