by

Pemerintah Kota Depok Th 2023 Lakukan Rakor Evaluasi Persiapan SPBE.

-Daerah-515 views

Depok,– Sorot Peradilan //
Tindak lanjut evaluasi pesiapan SPBE di Tahun 2023, Diskominfo Depok gelar rakor, di Aula Badan Keuangan Daerah (BKD) Gedung Dibaleka I, Balai Kota Depok, Rabu (17/05/23).

Tindak lanjut evaluasi persiapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Tahun 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Depok melakukan pertemuan dengan Perangkat Daerah (PD) terkait.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas rencana target indeks SPBE yang akan naik pada tahun ini.

“Menurut informasi ada rencana kenaikan indeks SPBE dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) menjadi 3,45. Tentunya harus ada upaya lebih agar di tahun ini SPBE kita benar-benar bisa naik, sehingga tercapai targetnya. Pada tahun 2022 indeks SPBE Kota Depok yaitu 3,42,” ujar Koordinator Tata Kelola Teknologi Informatika Diskominfo Kota Depok Tri Uvi Fauziah, usai Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan SPBE Tahun 2023, di Aula Badan Keuangan Daerah (BKD) Gedung Dibaleka I, Balai Kota Depok, Rabu (17/05/23).

Sebagai bahan lanjutan, lanjut Tri, pihaknya bersama narasumber yang ahli di bidangnya juga melakukan evaluasi terhadap SPBE di tahun 2022. Apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan akan menjadi catatan khusus untuk ke depannya.

“Pada pertemuan ini juga dibahas perubahan peraturan dari pemerintah pusat terkait metode evaluasi yang nantinya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama. Ke depan, kami ingin empat domain yang tertuang bisa dibahas lebih detail, satu per satu,” ungkapnya.

“Seperti, domain kebijakan, domain tata kelola, domain manajemen dan domain pelayanan. Akan kami bahas secara bertahap,” paparnya.

Sementara itu, Evaluator Eksternal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Mohammad Iqbal mengatakan, nilai SPBE di Kota Depok dalam posisi baik dan termasuk tinggi di Jawa Barat.

Dirinya yakin, tahun 2023 masih bisa ditingkatkan lagi.

“Bagian tata kelola dan bagian manajeman yang harus ditingkatkan serta dioptimalkan,” ujarnya.

 “Untuk kebijakan dan layanan software bagus. Mudah-mudahan di tahun 2023 ini bisa meningkat. Karena indikator SPBE adalah menunjukan layanan berbasis elektronik yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya. (Aris).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed