by

Milad LPKSM Satria ke Xlll Gelar Pendidikan Bimtek Kelembagaan

Sorotperadilan.com- Bertempat di Villa Edu Argo Desa Sakambang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta Jawabarat, diadakan Milad LPKSM Satri yang ke 13 Tahun, Sabtu (27/5).

Milad LPKSM Satri yang ke 13 Tahun diisi dengan Bimtek Kelembagaan Dalam rangka mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi sesuai UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, Pengurus Besar Lembaga Pelindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Satria Purwakarta.

Adapun Bimtek Kelembagaan tersebut diantaranya:

–  Pendidikan Dasar Aktivis LPKSM Satria

– Simulasi Mediasi

– Pelatihan Khusus Propesi Advokat

-Pelatihan Khusus Komisioner BPSK

Pendidikan Bimtek tersebut mengenai tentang peraturan polisi Nomor 8 Tahun 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restoratif (restorative Justice).

Ketua Umum Ketum LPKSM Satria Wawan, Gunawan, SH.MH  menyampaikan bahwa pendidikan dasar bimbingan teknis kelembagaan aktivis tersebut diselenggarakan setiap bulannya oleh pengurus besar dengan sumber dana Swadaya daei para anggota.

“Biasanya pengurus LPKSM Satria yang berada ditiap Kabupaten atau tiap kota diseluruh Indonesia, kita adakan pendidikan dasar kelembagaan, kalau untuk kabupaten Purwakarta kita akan membentuk dua advokat, salah satunya Sekjen Korwil Purwakarta saudara Yadi,” ucap Gunawan.

Wawan Gunawan juga berharap dengan diadakannya Pendidikan Bimtek kelembagaan ini bertujuan agar aktivitas lpksm Satria Purwakarta dapat melaksanakan tugas pokoknya.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 44 ayat 3 huruf a sampai dengan huruf e UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Peraturan Pemerintah Nomor 59 tahun 2021 tentang LPKSM, Alhamdulillah Sudah lebih 10 Kabupaten yang sudah melaksanakan Bimtek Kelembagaan LPKSM Satri,”Ungkap Wawan Gunawan.

Ditempat yang sama, Ketua Korwil LPKSM Satria Purwakarta, Nurdin Sugianto  menambahkan, “Dengan diadakannya Pendidikan dasar kelembagaan LPKSM Satria dapat melahirkan advokat serta mediator yang dapat dipercaya membantu tugas-tugas kita kedepan,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan Milad LPKSM Satria yang ke 13 Tahun, Perwakilan Kementrian Perdagangan, Perwakilan Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Republik Indonesia, Perwakilan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Propinsi Jawa Barat, Komisioner BPSK Kab.Purwakarta serta Ketua DPC PERADI SAI Karawang Raya.

(Aldo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed