by

Persit Kodim 0606/Kota Bogor Kerahkan Anggota Dukung Pemerintah Edukasi Masyarakat Masyarakat Deteksi Kanker Sejak Dini

Bogor, -Sorotperadilan.com l
Di Kota Bogor, jumlah penderita kanker tahun 2019 tercatat sebanyak 423 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 226 orang adalah penderita kanker Payudara, sebanyak 35 orang adalah kanker Leher Rahim dan kanker ovarium.

Ada juga penderita kanker darah sebanyak 23 orang dan kanker lainnya sebanyak 139 orang. Sebanyak 45 orang kondisinya dinyatakan berada pada stadium lanjut.

Pada tahun 2016 Pemerintah Kota Bogor bersama pemangku kepentingan telah mencanangkan komitmen luhur yaitu menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Peduli Kanker dan Paliatif, Paliatif adalah suatu kondisi dimana penyakit kanker secara teori sudah tidak dapat disembuhkan.

Sementara itu RSUD Kota Bogor menyusun kebijakan manajemen perihal Tim Paliatif Rumah Sakit disertai penyusunan norma, pedoman serta pengembangan kapasitas dokter dan tenaga medik RSUD Kota Bogor.

Dalam rangka Hari Kanker Sedunia (HKS) yang diperingati setiap tanggal 4 Februari setiap tahunnya, tahun 2020 ini mengambil Tema: I am and I will.  Secara awam dapat diterjemahkan “saya, dan saya mau” yang bermakna kepedulian terhadap kanker dimulai dari saya.

Yayasan Kanker Indonesia (TKI) Kota Bogor bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kota Bogor mengadakan peringatan hari kanker sedunia dengan menggelar kegiatan jalan sehat serta Lomba Cerdas Cermat Kecamatan dan Komunitas se-Kota Bogor.

Jalan sehat diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat ini diawali di depan kantor walikota Bogor menuju lapangan taman expresi Sempur,
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto memimpin langsung ribuan peserta jalan sehat menuju lapangan taman expresi sempur,

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk peduli dan mendukung upaya pencegahan dan pengendalian Kanker.

Karena pengendalian kanker hanya berhasil jika dilakukan secara terintegrasi dan menyeluruh, dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat antaralain instansi terkait, organisasi profesi, Institusi pendidikan, LSM, masyarakat dan swasta,

Ditemui Selepas pertemuan kegiatan di taman Expresi Sempur Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kodim 0606 / Kota Bogor Ny Diana Teguh Cahyadi yang mengajak Puluhan anggotanya menjadi peserta dalam kegiatan tersebut,

“Ini adalah salah satu benduk dukungan dan kepedulian kami Sebagai warga dan istri Tentara dalam segala program yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Bogor, tentu saja dengan memperhatikan kegiatan jalan sehat dan Lomba Cerdas dini Kanker, guna memperoleh keberhasilan pengobatan Kanker, diharapkan masyarakat akan lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran individu terhadap kanker dan mendorong individu untuk mengambil
peran dalam penanganan kanker , Ungkap Ny. Diana Teguh Cahyadi. (wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed