by

Ukir Sejarah, Kwarcab Pramuka Kota Bogor Tergiat ke-I di Jawa Barat

Bogor,–Sorotperadilan.com l Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Bogor berhasil mengukir sejarah dengan menyabet penghargaan sebagai Kwarcab Pramuka Tergiat ke-I (Satu) se Jawa Barat tahun 2020.

Penghargaan pramuka tingkat provinsi ini diserahkan langsung Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, Dede Yusuf kepada Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat saat pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke XIV Pramuka Jawa Barat, di Bogor Raya Lakeside, Kota Bogor, Rabu (7/10/2020).

Di akhir masa jabatan kepemimpinan Ade Sarip Hidayat periode 2015-2020 ini, Kwarcab Kota Bogor meraih penghargaan di berbagai kategori berbeda, yakni Kwarcab Tergiat I Kategori A, Kwarcab Tergiat I Kategori Bidang Kepramukaan dan Saka, Kwarcab Tergiat I Bidang Organisasi, Kwarcab Tergiat II Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian, Kwarcab Tergiat II Bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Kwarcab Tergiat III Bidang Administrasi, Kerja Sama, Keuangan dan Usaha.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus cabang, ranting, Pembina Gugus Depan, pelatih, pembina dan dewan kerja serta satuan kerja (saka) yang terus aktif berperan dalam kegiatan dan kemajuan gerakan pramuka di Kota Bogor.

”Alhamdulillah, dengan kerja keras bersama, Kwarcab Pramuka Kota Bogor bisa menjadi Tergiat I. Sebelumnya, 2015 kita mendapat peringkat 3 dan 2010 peringkat 21, memang proses tidak akan menghianati hasil,” katanya.

Menurutnya selama ia menjabat dua periode atau 10 tahun sebagai Ketua Kwarcab, pramuka Kota Bogor selalu aktif terjun ke masyarakat dalam mengaplikasikan Dasa Dharma Pramuka.

Kak Ade sapaan akrabnya berpesan agar Pramuka bisa tetap menjadi organisasi kebaikan siapapun nanti yang memimpin, karena 10 Oktober ini akan dilaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab).

“Mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan dan pramuka bisa tetap menjadi organisasi dalam mencetak generasi muda berkarakter,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bogor, M. Nurnawaly menyebut, ada lima kriteria penilaian, yakni kegiatan kepramukaan dan satuan karya, pendidikan dan latihan, organisasi dan hukum, humas dan pengabdian masyarakat serta administrasi, kerja sama, keuangan dan usaha.

“Dengan berbekal nilai maksimal untuk 5 kategori penilaian bidang, Kwarcab Kota Bogor dinobatkan Tergiat ke-I di kategori A,” ujarnya.
Adapun hasil akhir penilaian kata Kak Waly sapaan akrabnya, Kwarcab Kota Bogor sebagai Kwarcab Tergiat ke-I, Kwarcab Kabupaten Bogor sebagai Kwarcab Tergiat ke-II, Kwarcab Kabupaten Cianjur sebagai Kwarcab Tergiat ke-III dan Kwarcab Kabupaten Ciamis sebagai Kwarcab tergiat ke-IV.

“Penghargaan ini menjadi prestasi pamungkas bagi Kwarcab Pramuka Kota Bogor yang telah 10 tahun atau 2 periode (2010-2020) dipimpin Ade Sarip Hidayat,” tuturnya.

Menurutnya, berkat kepemimpinan Kak Ade Sarip dan dukungan seluruh jajaran andalan, pengurus dan dengan dukungan penuh dari Wali Kota Bogor selaku Kamabicab Pramuka Kota Bogor menjadikan Kwarcab Pramuka Kota Bogor yang terbaik dan Tergiat di Jawa Barat.

“10 Oktober 2020 yang akan datang kepengurusan kwarcab akan berakhir, menjadi harapan kita semua pengurus kwarcab Kota Bogor periode berikutnya tetap dapat mempertahankan semua prestasi yang telah dicapai dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini dan menjadi sejarah bagi Gerakan Pramuka di Kota Bogor,” pungkasnya. (Rudi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed