by

Tingkatkan Transformasi Digital Informasi Publik, Diskominfo Depok Luncurkan Aplikasi Depok Single Window.

-Daerah-628 views

Depok,– Sorot Peradilan //
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menggelar Forum Rencana Kerja (Renja) Tahun 2024 dengan mengambil tema “Memantapkan Kehidupan Masyarakat Kota Depok Yang Maju, Berbudaya Dan Sejahtera Melalui Transformasi Digital Informasi Publik” yang dilaksanakan di Kinasih Resort, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Senin (20/02/2023).

Ditemui awak media seusai kegiatan Renja, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto Jorgi mengatakan program-program yang akan di jalankan mengacu kepada rencana strategis Tahun 2021-2026 diantaranya berkaitan dengan program Informasi dan Komunikasi Publik, program tentang aplikasi informasi, statistic serta program terkait keamanan komunikasi dan informasi (Persandian).

“Memang program Diskominfo mengacu kepada rencana strategis Tahun 2021-2026 terkait program informasi dan komunikasi publik, kemudian program tentang aplikasi informasi dan program terkait masalah statistic, kemudian program tentang persandian. Persandiannya terkait masalah keamanan komunikasi dan informasi,” ujar Manto.

Selain itu, lanjut Manto juga menyampaikan bahwa program internet gratis yang terpasang pada program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di setiap RW pada Tahun 2022 lalu, akan digantikan dengan program yang merupakan janji Wali Kota, yaitu program RW NET Gratis.

“Dalam program RW NET Gratis itu nantinya akan dipasang jaringan internet secara gratis satu titik di setiap RW. Namun pemasangan jaringan internet secara gratis tersebut akan di prioritaskan bagi lingkungan RW yang memang benar-benar memerlukan dan tidak menjadi hal yang wajib bagi lingkungan yang tergolong mampu, seperti halnya perumahan elit, “jelasnya.

Untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) kan sudah tidak ada, nah terkait janji Wali Kota itu yang setiap RW ada internet gratis. nah itu yang akan kita aplikasikan, untuk 2024 sudah mulai kita aktifkan sedangkan yang PJJ itu sudah kita tidak aktifkan lagi, karena pembelajaran jarak jauh kan sudah tidak ada. “Maka target kita memang setiap RW itu 1 titik, seperti itu. Tetapi tidak wajib juga kalau memang RW itu tidak membutuhkan, ya kita alokasikan kepada RW yang benar-benar butuh, seperti itu,” tuturnya.

Berjumlah 1.556 titik program PJJ yang terpasang pada Tahun 2022 di Kota Depok yang akan dilakukan pendataan ulang serta di rubah menjadi program RW NET Gratis. Nantinya, hanya akan terpasang 1 titik jaringan internet gratis di tiap-tiap RW.
Sekarang kita sedang melakukan pendataan-pendataan di 2023 ini sambil berjalan. Makanya nanti yang di setiap RW nya ada 3, kita non aktifkan dulu menjadi hanya 1 jaringan di setiap RW.

“Ada kurang lebih 927 RW yang di tahun 2022 kemarin kurang lebih ada 1.556 titik program PJJ. Nah program itu kan sudah tidak ada dan kita mau menindaklanjuti janji Wali Kota terkait masalah RW NET Gratis dan disesuaikan dengan jumlah RW,” pungkasnya.

Pewarta : Mila.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed